Perencanaan strategis adalah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau
arahan, serta mengambil
keputusan untuk
mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya
manusia) untuk mencapai
strategi ini. Berbagai teknik analisis bisnis dapat
dgunakan dalam proses ini, termasuk analisis SWOT(Strengths,
Weaknesses, Opportunities, Threats), PEST (Political, Economic, Social, Technological),
atau STEER (Socio-cultural, Technological, Economic,
Ecological, Regulatory).
Perencanaan Strategis ( Strategic Planning )
adalah sebuah alat manajemen yang digunakan untuk mengelola kondisi saat ini
untuk melakukan proyeksi kondisi pada masa depan, sehingga rencana strategis
adalah sebuah petunjuk yang dapat digunakan organisasi dari kondisi saat ini
untuk mereka bekerja menuju 5 sampai 10 tahun ke depan ( Kerzner , 2001 )
Untuk mencapai sebuah strategy yang telah ditetapkan
oleh organisasi dalam rangka mempunyai keunggulan kompetitif, maka para
pimpinan perusahaan, manajer operasi, haruslah bekerja dalam sebuah sistem yang
ada pada proses perencanaan strategis / strategic
planning ( Brown , 2005 ). Kemampuan manufaktur, harus dipergunakan secara
tepat, sehingga dapat menjadi sebuah senjata yang unggul dalam sebuah
perencanaan strategi ( Skinner, 1969 ).Untuk mencapai sebuah strategi yang
telah ditetapkan oleh organisasi dalam rangka mempunyai keunggulan kompetitif,
maka para pimpinan perusahaan, manajer operasi, haruslah bekerja dalam sebuah
sistem yang ada pada proses perencanaan strategis Brown , 2005 ). Kemampuan
manufaktur, harus dipergunakan secara tepat, sehingga dapat menjadi sebuah
senjata yang unggul dalam sebuah perencanaan stategi ( Skinner, 1969 ).
Perencanaan strategis secara eksplisit berhubungan
dengan manajemen perubahan, hal ini telah menjadi hasil penelitian beberapa
ahli (e.g., Ansoff, 1965; Anthony,1965; Lorange, 1980; Steiner, 1979). Lorange
(1980), menuliskan, bahwa strategic
planning adalah kegiatan yang mencakup serangkaian proses dari inovasi dan
mengubah perusahaan, sehingga apabila strategic
planning tidak mendukung inovasi dan perubahan, maka itu adalah kegagalan.
Mengikuti Olsen dan
Eadie (1982, hal.4)
dalam buku Perencanaan Strategis oleh Jhon M. Bryson, kita mendefinisikan
perencanaan strategis sebagai upaya yang didisiplinkan untuk membuat keputusan
dan tindakan penting yang membentuk dan memandu bagaimana menjadi organisasi
(atau entitas lainnya), apa yang dikerjakan organisasi (atau entitas
lainnya),dan mengapa organisasi (atau entitas lainnya) mengerjakan hal seperti
itu. Yang terbaik, perencanaan strategis mensyaratkan pengumpulan informasi
secara luas, eksplorasi alternatif, dan menekankan implikasi masa depan
keputusan seseorang.
Sedarmayanti (2009:11)
mengemukakan bahwa: Perencanaan strategis merupakan fungsi utama dalam sebuah
organisasi yang didefinisikan sebagai
suatu proses sistematis dan
berkesinambungan dalam menentukan kebutuhan sumber daya manusia dimasa depan
baik kuantitas maupun kualitas pada waktu yang tepat, posisi yang tepat dalam
jangka panjang guna mengantisipasi perubahan lingkungan dan organisasi serta
meminimalisasi biaya dalam rangka pencapaian tujuan individu dan organisasi. Faktor- faktor yang mempengaruhi sebuah
perencanaan strategis dapat ditinjau dan dilihat dari:
1.
Manajerial,
adalah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan kapasitas,
kualitas, efisiensi dan efektivitas dari sumber daya yang ada.
2.
Lingkungan,
adalah semua elemen didalam maupun luar organisasi yang dapat mempengaruhi
sebagian atau keseluruhan suatu organisasi
3.
Kultur
organisasi, merupakan sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para
anggota, yang membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya.
Sistem makna bersama ini adalah sekumpulan karakteristik kunci yang dijunjung
tinggi oleh organisasi.
Perencanaan strategis
dapat memfasilitasi komunikasi dan partsipasi, mengakomodasi kepentingan dan
nilai berbeda, dan membantu pembuatan keputusan secara tertib maupun
keberhasilan implementasi keputusan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar